Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN): Strategi, Teknik Penilaian, Penghitungan Dan Implementasinya

Informasi Jadwal training 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 – JADWAL TRAINING / PELATIHAN / BIMTEK / DIKLAT / SEMINAR / WORKSHOP : Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN): Strategi, Teknik Penilaian, Penghitungan Dan Implementasinya – TERBARU BULAN  JANUARI/ FEBRUARI/MARET/APRIL/MEI/JUNI/JULI/AGUSTUS/SEPTEMBER/OKTOBER / NOVEMBER / DESEMBER  Selamat datang di situs resmi Pusat Informasi Jadwal Training Indonesia – Portal Direktori Training Terlengkap dan Terbesar di Indonesia, berikut ini Jadwal Training Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN): Strategi, Teknik Penilaian, Penghitungan Dan Implementasinya yang siap di registrasi dan akan diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia, Lokasi Training Pilihan :  Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Makasar, Malang, Batam, Semarang, dan berbagai kota besar lainnya di Indonesia.

Apabila Training/Pelatihan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN): Strategi, Teknik Penilaian, Penghitungan Dan Implementasinya ini sesuai dengan kebutuhan Perusahaan anda, silahkan menghubungi Tim Marketing Kami untuk mendapatkan Informasi lengkap mengenai Jadwal penyelenggaran Training beserta Surat Penawaran, Silabus Training,  dan CV Instruktur, dengan menghubungi kami via telepon atau sms di nomor 0823 2326 5005 – 0857 2459 5005 (WA) , atau  mengirim surel di email kami trainingcenterindo@gmail.com / info@jadwaltraining.co.id .

DESKRIPSI

Tingginya pengadaan material berupa barang dan jasa dalam rangka pemenuhan kebutuhan aktifitas bisnis pada organisasi serta institusi memungkinkan digunakannya barang-barang impor oleh institusi/perusahaan tersebut. Untuk memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri, maka pemerintah mengeluarkan berbagai macam kebijakan yang mengatur batasan penggunaan komponen dari luar negeri. Salah satunya dengan mengintensifkan implementasi peraturan tentang TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Persyaratan TKDN merupakan implementasi dari Keppres 80 tahun 2003 pasal 44 dan  pasal 40 tentang Penggunaan Produksi Dalam Negeri dan merupakan kebijakan umum dalam keppres 80 tahun 2003.  Keppres 80 tahun 2003 ini digunakan sebagai dasar pengaturan untuk meningkatkan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dan ditindaklanjuti dengan munculnya Peraturan Menteri Perindustrian No :11/M-IND/PER/3/2006.

Dengan dua landasan hukum ini, maka munculah kewajiban bagi pemerintah di Departemen, LPND (Lembaga Non Departemen), Pemda, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), BHMN (Badan Hukum Milik Negara), KKKS (Kontraktor Kontrak Kerjasama), Anak Perusahaan BUMN/BUMD yang mewajibkan belanja:

  • Mewajibkan instansi menggunakan produksi dalam negeri yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri dan Bobot Manfaat Perusahaan tertentu;
  • Memberikan preferensi harga pada produksi dalam negeri yang memiliki nilai TKDN tertentu pada Tender;
  • Mewajibkan instansi membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) untuk mendorong Penggunaan Produksi Dalam Negeri yang diimplementasikan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring

Berkenaan dengan kebijakan-kebijakan tersebut, maka dalam tahap implementasi diperlukan pemahaman secara lebih detail peraturan-peraturan yang terkait dengan kebijakan TKDN. 

TUJUAN

  • Melalui training ini peserta akan diberikan pencerahan untuk memahami konsep dasar penilaian TKDN sehingga peserta dapat melakukan perhitungan TKDN sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Peserta juga diharapkan mampu mempersiapkan dokumen pendukung yang relevan jika pada saat lelang/kontrak TKDN-nya diverifikasi oleh instansi terkait.
  • Peserta juga akan dibekali pengetahuan tentang aplikasi penilaian TKDN dalam proses lelang 

MATERI

  1. Peran Pengadaan (Procurement) dalam kehidupan Perusahaan
  2. Strategi Pengadaan Barang
  3. Aspek Kualitas dalam Aktivitas Pengadaan
  4. Kebijakan/peraturan TKDN di Indonesia
  5. Konsep dasar perhitungan TKDN sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  6. Praktekkan penghitungan TKDN dengan mengisikan biaya ke dalam form TKDN.
  7. Pengisian Formulir TKDN Penawaran dalam lelang, yaitu Form SC-12A (untuk Lelang Barang), Form SC-12B (untuk Lelang Jasa) dan Form SC-12C (untuk Lelang Gabungan Barang dan Jasa).
  8. Pengtiungan Harga Evaluasi Akhir suatu lelang berdasarkan nilai TKDN yang ditawarkan.
  9. Sanksi finansial suatu kontrak yang disebabkan oleh nilai TKDN yang tidak terpenuhi
  10. Perbedaan peraturan TKDN dalam Pedoman Tata Kerja Pengelolaan Rantai Suplai Kontraktor Kontrak Kerja Sama BP Migas No. PTK 007 Revisi I tahun 2009 dan No. PTK 007-Revisi II tahun 2011 serta Peraturan Menteri Perindustrian No. 15 dan 16/2011Hot Melt Extrusion 

PESERTA

Pelatihan ini ditujukan bagi para Staff keuangan, auditor internal, dan masyarakat umum yang ingin memahami lebih lanjut dalam bidang keuangan.

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

Investasi dan Fasilitas Training

  • Harga : (dilampirkan dalam Brosur penawaran)
  • Fasilitas : Certificate, Training kits, USB 8 GB, Lunch, Coffe Break, Souvenir, City Tour
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel (berlaku bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 2 peserta)
  • Quota minimum Running 2 peserta (jogja, Solo, Semarang) Quota minimum Running 3 peserta (Jakarta , Bandung dan Surabaya ) –  ( Untuk Manado, Bali , Batam, Pontianak, Balikpapan dan Lombok Quota minimal 4 peserta)

 

Permintaan Brosur penawaran Training ( Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami via :

Mobile : 0823 2326 5005 – 0857 2459 5005

Email : trainingcenterindo@gmail.com / info@jadwaltraining.co.id

Blog : https://informasitrainingdanseminar.wordpress.com

Web: www.informasitraining-indonesia.com

Web www.jadwaltraining.co.id

Jadwal training 2015 | Jadwal training 2016 | Jadwal training 2017 | Jadwal training 2018 | Jadwal training 2019 | Jadwal training 2020
Lokasi Training Pilihan : di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar, Medan, Batam, Riau, Pontianak, Semarang, Solo, Manado. (dengan harga dan minimal kuota yang berbeda)