SLIMS UNTUK OTOMASI PERPUSTAKAAN

SLIMS UNTUK OTOMASI PERPUSTAKAAN

PENDAHULUAN TRAINING OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS

Penerapan kemajuan teknologi informasi mulai memasuki dunia perpustakaan. Layanan dan pengolahan mulai dilakukan dengan memanfaatkan produk-produk teknologi informasi. Pengelolaan perpustakaan semakin dipermudah dan pengguna perpustakaan semakin dimanja dengan peningkatan kualitas layanan perpustakaan. Dan ke depan pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan menjadi suatu kebutuhan.

Salah satu contoh riil penerapan produk teknologi informasi di perpustakaan adalah dengan penerapan automasi perpustakaan. Melalui automasi perpustakaan maka proses peminjaman dan pengembalian koleksi tidak membutuhkan waktu lama karena layanan sirkulasi telah terautomasi. Pengguna tidak perlu membolak-balik kartu katalog yang berdebu untuk menelusur informasi mengenai koleksi yang dibutuhkan. Cukup dengan mengakses opac (online public access catalog) mereka dapat menemukan koleksi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat. Pengolahan koleksi yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan juga semakin cepat sehingga koleksi semakin lebih cepat dilayankan kepada pengguna perpustakaan.

Untuk melaksanakan automasi perpustakaan diperlukan sebuah program atau aplikasi. Dan dipasaran banyak sekali tersedia aplikasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan automasi perpustakaan, baik itu yang free maupun membeli.

“Senayan” atau SLIMS adalah salah satu program aplikasi untuk automasi perpustakaan yang saat ini ada. Berbagai alasan keunggulan menjadikan perangkat lunak ini layak untuk dipertimbangkan sebagai perangkat lunak otomasi perpustakaan. Selain itu, alasan lain yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menggunkaan atau tidak perangkat lunak ini adalah perangkat lunak ini dapat digunakan dan diperoleh secara gratis. Sayangnya banyak pengelola perpustakaan yang belum mengenal perangkat lunak ini.

 

SEKILAS TENTANG SLIMS:

SLIMS merupakan perangkat lunak otomasi perpustakaan yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan perpustakaan (sirkulasi, OPAC, manajemen Anggota, Manajemen Koleksi) berbasis web yang di rilis dengan platform GPL (General Public Licence). Sebagai aplikasi berbasis web serta berplatform GPL maka aplikasi ini kompatibel untuk berjalan dijaringan intra maupun internet serta dapat diunduh, dimodifikasi dan disebarluaskan dengan tetap berpegang pada lisensi GPL.

SLIMS dibangun dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang banyak digunakan untuk membangun program berbasis web saat ini seperti Apache, PHP dan MySQL. Ketika aplikasi yang digunakan untuk membangun aplikasi ini berbasis open source sehingga memungkinkan pengembangan lebih lanjut oleh pengelola perpustakaan.

Dengan senayan hampir semua aktivitas pengelolaan perpustakaan dapat dilakukan dengan bantuan komputer dan sarana teknologi informasi lainnya. Kegiatan sirkulasi, manajemen anggota, manajemen koleksi, administrasi perpustakaan serta penelusuran koleksi dapat dilakukan dengan menggunakan komputer dan senayan. Dengan demikian maka aplikasi ini mampu kebutuhan otomasi perpustakaan.

 

TUJUAN TRAINING OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS

Berdasarkan latar belakang di atas, maka pelatihan otomasi perpustakaan berbasis SLIMS ini mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Memberikan pengetahuan tentang SLIMS sebagai salah satu perangkat lunak otomasi yang dapat digunakan dan dioperasikan secara gratis
  2. Mengetahui persiapan yang diperlukan sebelum melakukan instalasi SLIMS
  3. Mampu melakukan instalasi SLIMS
  4. Mampu melakukan operasional SLIMS

CAKUPAN MATERI TRAINING OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS

Beberapa materi yang akan diberikan pada pelatihan ini adalah:

  1. Konsep Implementasi Otomasi Perpustakaan dengan SLIMS
  2. Instalasi SLIMS
  3. OPAC
  4. Operasional menu system
  5. Operaisonal menu Master file
  6. Operasional menu bibliografi
  7. Manajemen data anggota dengan menu membership
  8. Layanan sirkulasi dengan menggunakan menu circulation
  9. Simulasi Stock opname menggunakan SliMS
  10. Manajemen Terbitan Berkala berbasis SliMS
  11. Modifikasi Template SLiMS
  12. Membangun jaringan komputer untuk implementasi SLiMS
  13. Backup dan restore database

 

WHO SHOULD ATTEND?

Pengelola perpustakaan lembaga pendidikan/ umum/ khusus atau LSM.

Investasi dan Fasilitas Training

  • Harga : (dilampirkan dalam Brosur penawaran)
  • Fasilitas : Certificate, Training kits, USB 8 GB, Lunch, Coffe Break, Souvenir, City Tour
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel (berlaku bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 2 peserta)
  • Quota minimum Running 2 peserta ( jogja ), 3 Peserta ( Solo, Semarang) Quota minimum Running 3 peserta (Jakarta , Bandung dan Surabaya ) –  ( Untuk Manado, Bali , Batam, Pontianak, Balikpapan dan Lombok Quota minimal 4 peserta)

 

Permintaan Brosur penawaran Training ( Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami via :

Mobile : (Lihat di Banner sebelah kanan)

Email : trainingcenterindo@gmail.com / info@jadwaltraining.co.id

Web: www.informasitraining-indonesia.com

Web  www.jadwaltraining.co.id

 

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat email dibawah ini.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.

Lokasi Training Pilihan : di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar, Medan, Batam, Riau, Pontianak, Semarang, Solo, Manado, dan Kota-kota lainnya  (dengan harga dan minimal kuota yang berbeda)