Efektif Komunikasi Pribadi – Berkomunikasi demi Citra Positif

Efektif Komunikasi Pribadi – Berkomunikasi demi Citra Positif

(Konsep 3V + 1I: Verbal, Vocal Visual + Image)

Pendahuluan

Keberhasilan dalam berkomunikasi, bukan hanya terletak pada penguasaan materi pembicaraan, tetapi juga perlunya memafami beberapa faktor yang menjadi kunci komunikasi, yaitu harmonisasi antara verbal, vocal, visual dan image.

Konsep 3V + 1I: Tiga ve plus Satu i

Verbal

Mencakup kemampuan seseorang dalam memilih kata, menentukan bahasa dan membuat kalimat yang ingin disampaikan sesuai dan tepat dengan audience atau lawan bicara.
Tentu saja, terlebih dahulu kita harus mengetahui spesifikasiaudience atau lawan bicara.
Meskipun kita sudah sangat menguasai materi, tapi tampaknya kita perlu mengenal siapa yang akan menjadi lawan bicara kita, sehingga kita mampu memilih kata-kata dengan tepat.

Vocal

Penyampaian pesan akan lebih dipahami apabila tiap kata yang kita lisankan terdengar jelas dan berkarakter.
Selain hendaknya mengatur tinggi rendahnya nada suara agar tidak terkesan datar.
Juga harus tepat dalam penekanan kata atau kalimat penting, agar mudah dipahami audience atau lawan bicara.
Dan yang tidak kalah pentingya adalah, sebagai pembicara harus tahu pasti kapan kita jeda sejenak untuk melanjutkan pembicaraan, dan tahu pasti kapan kita berhenti berbicara untuk memberikan kesempatan lawan bicara kita bergantian berbicara.

Visual

Meliputi performance pembicara.
Tidak sekedar bagaimana mengatur ekspresi wajah, menjaga sikap dan bahasa tubuh, tapi juga harus memahami persiapan sebagai pembicara, etiket berbicara, sikap positif pembicara.

Image

Image atau citra merupakan kesan yang tampil bagi meraka yang berhadapan dengan pembicara (yang berkominikasi). Citra dapat merupakan cermin yang jika tidak dicermati dapat menampilkan gambaran yang berbeda bagi yang tidak mengerti. Bagaimana menampilkan citra yang diinginkan? Bagaimana dapat membawakan citra diri perbadi dan sekaligus citra bagi reputasi perusahaan yang baik?

Materi Pelatihan

  1. Teori Ilmu Komunikasi Praktis
  2. Analisis Target Audience (lawan bicara)
  3. Menyusun bahasa dan penyampaian verbal yang efektif
  4. Penyampaian pesan/instruksi/kehendak secara jelas
  5. Perlu mendengarkan lawan bicara dan memaknainya
  6. Bagaimana “performance” kita sebagai yang berbicara?
  7. Pentingnya “image” citra diri pribadi demi reputasi institusi/perusahaan.

Metode Pelatihan

Interaktif: mementingkan penyerapan ilmu secara praktis dengan analisis dan pemecahan perosalan yang dihadapi oleh para peserta. Studi kasus dan “scenario stting” berupa “roll play” dengan bimbingan perbaikan dan petunjuk praktis agar komunikasi pribadi berjalan secara efektif.

Peserta yang akan mendapatkan manfaat pelatihan ini

Kita yang perlu selalu berkomunkasi secara efektif: Direksi, Manager, Supervisor – Juru Bicara, Public Relations Officer, Presenter, Pembawa Acara,  Public Speaker, Protokol, Master of Ceremony, Pemimpin dan Juru Kampanye, Dosen dan Pengajar. .

Investasi dan Fasilitas Training

  • Harga : (dilampirkan dalam Brosur penawaran)
  • Fasilitas : Certificate, Training kits, USB 8 GB, Lunch, Coffe Break, Souvenir, City Tour
  • Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel (berlaku bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 2 peserta)
  • Quota minimum Running 2 peserta ( jogja ), 3 Peserta ( Solo, Semarang) Quota minimum Running 3 peserta (Jakarta , Bandung dan Surabaya ) –  ( Untuk Manado, Bali , Batam, Pontianak, Balikpapan dan Lombok Quota minimal 4 peserta)

 

Permintaan Brosur penawaran Training ( Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami via :

Mobile : (Lihat di Banner sebelah kanan)

Email : trainingcenterindo@gmail.com / info@jadwaltraining.co.id

Web: www.informasitraining-indonesia.com

Web  www.jadwaltraining.co.id

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat email dibawah ini.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.

Lokasi Training Pilihan : di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar, Medan, Batam, Riau, Pontianak, Semarang, Solo, Manado, dan Kota-kota lainnya  (dengan harga dan minimal kuota yang berbeda)